nasi campur ala Korea *sembarang ngubah nama

kemarin waktu jalan pulang dri kampus, ada mbak2 nyamperin tanya gini tiba2:
"hi, do you live in zone 1 or 2?"
*zone ini mengacu ke pembagian wilayahnya London, ya plg ngefek sama transportasi publik lah, lebih jauh, lebih mahal*
saya agak bingung, dan takut, apalagi si mbak2 bawa kardus gede. wah bakal jadi korban kuesioner di tepi jalan nih, pikir saya.
"nope, sorry."
padune pengen mlipir
"oh, i'm looking for someone who is familiar with this place. do you know if there is a Korean restaurant around here?"
aha, mbaknya org Korea mau nraktir aku...
"well i'm not too familiar with this place, but i know there is one around here, it's just opposite the British Museum"
dan singkat cerita si mbak2 bukan nyari responden kuesioner, dia mahsiswa baru di London School of Economic yg baru pengen makan makanan Korea krn dia bosan sm makanan di dorm (padahal br 10 hari tinggal di situ). akhirnya dg berbaik hati saya mengantar si mbak2 ini ke resto tsb *dan gak ditraktir :'( * tapi ya sebenernya sy hampir tiap hari lewat situ sih. jadi tau. waktu nglewatin resto itu, ada gambar bibimbap di kaca depan. seketika air liur saya meleleh.. hahaha. pengen, tp hrus irit! y sudah pendam saja perasaan itu. kita post aja soal bibimbap. :D


okay, today's lesson is about Bibimbap. jadi apa itu bibimbap? anyone?


aneka menu bibimbap yg dipajang di resto pilihan kami mlm itu


bibimbap adalah sejenis makanan. haha. iya lah. hakikatnya, bibimbap adalah nasi campur, terjemahan dalam bhs inggrisnya pun mixed meal. dan memang begitulah bibimbap ini. kalau sering liat film korea, psti pernah lah setidaknya sekali liat tokoh cewek lagi sedih terus buka kulkas ambil makanan sembarangan taroh di mangkok yg udah diisi nasi hangat. terus dikasih saus. dicampur, terus dimakan pke sendok khas Korea yang bertangkai panjang. 
memang begitu lah makanan yg satu ini. sebenernya si gampang bikinnya kalo ada left-over sayuran dan daging2an di kulkas anda. tinggal panasin dikit, campur sm nasi. aduk sama telor stg mateng kalo ada. pokoknya, signature dish-nya Korea deh. haha. 


makanan ini sebenernya ada dua macem, yaitu: bibimbap yang served with cold stone or metal bowl dan bibimbap yang served with hot stone bowl. yg terakhir ini, kadang disebut juga dolsot bibimbap. isi bibimbap sendiri beda-beda. bs berisi sayuran yg di-sautee aliyas ditumis dulu, jamur, daging sapi atau ayam yg kadang setengah matang tp bakal matang begitu dicampur di dalam mangkok (untuk yg disajikan dg hot stone bowl), dan juga telor yg ditaruh di atasnya (kdg mentah, tapi kemudian seperti si daging, dia bakal mateng ketika dicampur krn mangkoknya emng bener2 panas). tak lupa, nasi putih hangat ditaruh dulu di dasar mangkok, sebelum isi yg lain. juga stlh itu, ditambahkan saus atau hot pepper paste (yg sebenernya gak pedes), called gochujang. sayurannya bisa timun/zucchini, wortel, bayam/kangkung, sawi, selada, tauge, dan sebagainya. meski yg pling populer berisikan daging sapi, bibimbap juga bisa diisi tuna, tofu, ayam, atau pure vegetable for vegetarian. ada pula yang disajikan dengan kimchi dan sayuran pelengkap lain.

maka, suatu malam stlh konferensi yg panjang dan dramatis (i'll tell you next time, why i said dramatic), sy dan rekan saya mencari makanan di sekitar hotel, yang murah dan enak (enak dilihat dari foto dan banyaknya orng yg datang). accidentally, we came across this bibimbap restaurant which had an english menu. bahagia rasanya stlh menebak2 isi makanan dari menu yang korean only.


suasana resto
ketimbang resto di sekitarnya (yg rame tapi mahal, dan yang murah tapi sepi - oh ya kami bisa tahu harga krn biasanya dipampang di menu di luar resto), rumah makan ini cukup rame. bahkan stlh kami dtg, bertambah rame *ge-er. ada yang makan sendiri, ada yang makan rame2. ada yg takeaway. di tiap meja, sudah ada wadah sumpit, sebotol besar teh pahit (gak tahu namanya), dan setoples besar kimchi. maka kami pun order. teman saya pesan bibimbap yg isinya tuna, sedangkan saya pesan bibimbap berisi spicy chicken with cheese on top. slurrp!


teh, tersedia berapapun kamu mau, gratis (tapi teh pahit ya)


after waiting for a while (sy manfaatkan sambil liat-liat cowok ganteng), datanglah si ibu2 yg berbahasa kolbu dg kami (aliyas, she didn't speak english nor indonesian, and we didn't speak korean except for annyeong haseo, miyane, or kansamitta *forgive me for my spelling). yg pertama dia kasih adalah dua mangkuk berisi kuah. satu mangkok ceper dg irisan lemon yg kayak dibikin manisan (sok teu). dan satu mangkok berisi capit (for God knows the function) beserta sebotol saus brwarna merah (sebenernya ky saos tomat, agk pedes dikit, tapi diterjemahin sbg chilli pepper paste). hmm, krn sudah lapar, saya pun mengambil kimchi dari wadah, dan mulai menggado kimchi sebagai makanan pembuka saya. btw, saya suka sekali kimchi. menyesal meninggalkan 3 bungkus kimchi tersisa yg dl sy bawa dri Bussan di rumah di jogja (di rumah sy enggak ada yg doyan, dan ternyata masuk imigrasi London gak ada urusan repot2 sama bw masuk makanan ky di Sydney, sh*t! tau gitu kimchi takbawa, kering tempe takbawa, abon takbawa, bumbu instan takbawa, sambel bu rudi takbawa, sambel belut SS takbawa.. huaaa! hash!).




perlengkapan makan bibimbap: kuah, acar, saos , dan capit (tau buat apa)


beberapa menit stlh foto2 dan makan kimchi, datanglah pesanan kami. pesanan teman saya dtg dalam wadah super besar dan porsinya juga besar, isinya tuna (pastinya!), irisan rumput laut, irisan sayuran seperti timun, kubis, wortel dan entahlah. and it was served cold.


orderan temen saya, vegetarian tuna bibimbap


yg lebih menggiurkan (buat saya), tentu saja punya saya. it was served in a hot pot. ada bayam, tauge, sedikit jamur, sedikit timun dan banyak wortel, dan tumisan potongan ayam yg dicampur bawang bombay, dan saos pedass (yg ini beneran pedes, tp enak). and don't forget, cheese on top of it all. semua pesanan kami tanpa telor mentah. tapi di dasar mangkok sy ada sesame oil, jadi ada bunyi sizzling berpadu dengan si hot pot itu. nasi bagian bawah jadi agak2 crispy brown gimana gitu... yummy deh pkoknya.


punya saya: spicy chicken with cheese

emm, iseng wae sih

as always, kimchi everywhere, as my appetizer

setelah dicampur *punya saya* yummy bgt pokoke
lalu kami pun mencampur bibimbap masing2 (teman saya memilih tidak memanfaatkan si saos, jadi bentuk bibimbapnya gak berwarna merah/kecokelatan ky punya saya). oh ya, si kuah ini bukan dicampur k dalam nasi loh, tapi disesep atw diminum terpisah - mau diliatin doang jg gpp. dan kami pun mkan, hingga tandassss!!! and it was only about 4,500 KRW each!

enteeek ledis!!!

sumpah, enak!!! sampe2 dua hari sebelum berangkat ke london, sy ajak ibu saya nyicip bibimbapnya rumah makan fusion korea deketnya Dixie, Musiro. eh ibu saya malah mesen bulgogi. yah gak seenak waktu makan di Busan sihh, tapi okelah! :D


i want some!!!!!!!!!!!!!!!!!! NOWWW!!!


**cttn plegakpleguk ketika harusnya membaca dan mengerjakan tulisan dg weteng luwe krn masak tpi krg sip. ah sesuk gawe bibimbap ahhh...^menghibur diri sendiri

Comments

Popular posts from this blog

Blue Valentine - a movie about love that doesn't work

Pojangmacha: Korean angkringan

haruskah ak diruwat?